Membuat Ranking / Peringkat Di Ms. Excel Dengan Fungsi RANK

Posted: October 27, 2011 in SEPUTAR IT

Sore – sore sambil menikmati secangkir kopi panas, iseng2 browsing, terbesit sebuah ide untuk postingan blog kesayangan kita bersama ini hehehehe. Karena ini musim Ujian Tengah Semester, saya dapat ide buat share gimana cara meranking nilai siswa menggunakan Ms. Excel, karena saya menyadari kurang oke merangkai kalimat, ya dah kutip aja postingan sobat blog yang saya temukan ini. Tapi jangan tanya apakah adminnya bisa atau tidak? Tentu bisa dong hehehehehe. Dengan Microsoft Excel anda akan dibuat mudah dengan perhitungan cepat dengan Rumus yang memang menjadi salah satu keunggulan Microsoft Excel. Langsung aja ikuti Tips berikut ini:
Bukalah Microsoft Excel anda, kemudian buatlah tabel dan isilah seperti pada gambar berikut :

Untuk mengisikan Rata – Rata gunakan Fungsi Average, bisa dituliskan seperti berikut:

=AVERAGE(C7:E7)

Average adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung rata – rata, karena pada contoh kasus ini yang ingin diperoleh Nilai Rata-ratanyaadalah Nilai Matematika, Nilai Bahasa Inggris dan Nilai Bahasa Indonesia, maka di Dalam Kurung adalah (C7:E7) artinya menghitung rata-rata dari SEL C7 (Nilai Matematika) sampai dengan E7 (Nilai Bahasa Indonesia). Gunakan Copy rumus untuk mengisikan Sel dibawahnya. Jika Nilai dibelakang koma itu terlihat Lebih dari Dua, misalkan : 83,3333 Nah untuk membuat nilai dibelakang koma cuma 2 digit/karakter maka Block data yang akan edit, kemudian Klik Format – Cell – Number – Number, pada Decimal Places masukkan angka 2, kemudian klik OK. Seperti terlihat pada gambar dibawah:


Hasilnya bisa anda lihat pada gambar berikut :

Untuk mengetahui Siapa yang mempunyai Nilai tertinggi dan kemudian untuk menentukan Rangkingnya maka bisa menggunakan Fungsi Rank. Fungsi Rank digunakan untuk menentukan Rangking / Peringkat dalam suatu data tertentu. Misalkan pada data diatas untuk menentukan Rangking dengan melihat Rata-rata. Yang Nilai Rata-ratanya tertinggi maka dia akan mendapatkan Rangking Pertama. Ketik Rumus berikut pada Sel G7 :
=RANK(F7;$F$7:$F$16;0)

Deskripsi Rumus :


= Rumus Pasti diawali dengan tanda “Sama Dengan”
RANK adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan rangking / peringkat
( dalam rumus setelah penggunaan fungsi pasti diikuti dengan tanda “Kurung Buka” kemudian di setelah selesai menuliskan rumus ditutup dengan Kurung Tutup atau )
F7 adalah Sel Kunci untuk menentukan rangking atau peringkat, pada contoh kasus ini adalah Sel pertama di Tabel Nilai Rata-rata
$F$7:$F$16 adalah data dari Nilai Rata-rata yang telah diabsolutkan (nilainya tetap), Untuk meng-absolutkan data, bisa dengan cara : Block data yang akan diabsolukan misalkan Block data pada Rata – Rata akan menjadi F7:F16 kemudian tekan F4 di keyboard supaya data tersebut menjadi $F$7:$F$16

SELAMAT MENCOBA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s