Menghitung Umur Secara Detail Dengan Rumus = DATEDIF

Posted: October 28, 2011 in SEPUTAR IT

Salam jumpa kembali rekan – rekan pembaca setia blog UPT P Dan K Purworejo. Kali ini saya akan sharing bagaimana menghitung umur dengan akurat. Ini juga request dari rekan pembaca setia blog ini.
Mungkin seringkali rekan – rekan menghitungnya dengan Excel dan menguranginya begitu saja. Jadi rumusnya =hari_ini – tanggal_lahir, hal ini terlihat benar tetapi hasilnya pun tidak akurat dan cenderung sulit dibaca.
Akhirnya setelah browsing sana – sini dan telah saya aplikasikan , saya sharing satu gabungan rumus yang bisa meringankan tugas rekan – rekan sekalian. Rumusnya menggunakan fungsi  DATEDIF.
Pada dasarnya rumus ini akan menghitung selisih data tanggal dengan menggunakan format tertentu. Penggunaan DATEDIF sebagai berikut: =DATEDIF(tanggal_awal;tanggal_akhir;”format”). Adapun format yang dikenali adalah:
  1. Y: menghitung perbedaan dalam besaran tahun.
  2. M: menghitung perbedaan dalam besaran bulan.
  3. D: menghitung perbedaan dalam besaran hari.
  4. YM: menghitung perbedaan dalam besaran bulan dan mengabaikan perhitungan tahun.
  5. YD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan tahun.
  6. MD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan bulan dan tahun.
Nah dengan penjelasan tersebut, tentunya kita sudah bisa membuat gabungan rumus yang bisa menghitung umur siswa secara detail. Misalnya, kita akan menghitung umur siswa kita dari tanggal lahirnya sampai dengan hari ini.

 
Cell yang berisi data hari ini di C3 dan data tanggal kelahiran siswa tersebut di cell C6, maka kita tinggal mengaplikasikan rumus tersebut dengan menulisnya seperti ini =DATEDIF(C6;$C$3;”Y”)&” tahun, “&DATEDIF(C6;$C$3;”YM”)&” bulan, “&DATEDIF(C6;$C$3;”MD”)&” hari”. Cell C3 sengaja saya buat absolute karena kemungkinan saya akan menghitung umur siswa yang lainnya, jadi biar tidak ikut bergeser lokasi cell-nya karena C3 berisi data konstanta hari ini.
 
Dengan rumus itu, kita akan mendapat hasil dengan format seperti ini: 22 tahun, 5 bulan, 11 hari.
Dengan hasil itu tentu sudah sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas kita.

Leave a comment